Jumat, 22 November 2013

Cara menulis cerpen #2

Unknown | Jumat, November 22, 2013 |
Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis tentang cara membuat cerpen. Pada tulisan itu saya lebih menitikberatkan  penulisan cerpen pada unsur "How" atau bagaimana sebuah cerita dapat dibuat. Kamu tidak perlu sebuah refrensi yang panjang dan rumit hanya untuk menulis sebuah cerpen. Apa pun yang kamu pikirkan tulis lah.

Setelah memahami bagaimana cara membuat cerpen, sekarang kita perdalam materi kita dengan bahasan bagaimana sih membuat cerpen yang menarik. Tiap orang mungkin punya opini yang beda-beda mengenai cerpen yang menarik, karena bagus dan tidaknya suatu karya sebenarnya hanyalah perkara sebuah selera. Tapi, apakah selera mu sama dengan selera kebanyakan orang?

Saya sering membaca cerpen yang saya kira telah mengalami perubahan struktur secara utuh. Perubahan struktur maksudnya adalah, pada cerpen-cerpen tersebut sudah tidak seperti cerpen-cerpen dengan kaidah konvensioanal atau aturan lawas, dan ternyata hal itu membuat pembaca merasa tertarik dengan hal itu.



Kunci utama dalam membuat cerpen adalah bagaimana agar cerpen tersebut dapat membuat pembaca merasa betah untuk terus membaca. Suatu tulisan yang menarik akan membawa pembaca pada suatu kondisi dimana pembaca merasa ingin terus berada pada situasi itu. Apakah kamu setuju? Itu sebabnya kadang seorang penulis cerita atau cerpen meletakkan perkenalan masalah pada awal paragraf.

"Apa yang kau nantikan disini, tidakkah kau menyadari kau telah membuat segalanya berubah?" Ujar Rini sambil menitihkan air matanya.

Dengan menyuguhkan konflik pada awal cerita akan membuat pembaca menjadi penasaran dengan tulisan tersebut. Minimal seorang pembaca akan membaca hingga menemukan masalah apa yang sebenarnya terjadi.

Baiklah sekarang kita sudah sukses membuat pembaca untuk mau membaca tulisan kita. Lalu, apa lagi yang harus kita lakukan?





1 komentar:

  1. Las Vegas Casinos | The Motown Band of - JTM Hub
    J.T. Las Vegas is an 평택 출장안마 all-inclusive destination in the heart of 아산 출장마사지 the 군포 출장마사지 Las Vegas Strip. It's all about music, dance 정읍 출장마사지 and entertainment that brings you 대구광역 출장안마

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Blogroll

goresan pena. Diberdayakan oleh Blogger.

About