Senin, 25 Februari 2013

3 Kepsek Studi Banding ke SMA Averos

Unknown | Senin, Februari 25, 2013 | |

Suasana sekolah SMA AVEROS SORONG
SORONG – Kalau selama ini yang kita dengar sejumlah instansi studi banding ke Jakarta, Batam dan lain sebagainya, ternyata kali ini tiga kepala sekolah studi banding ke SMA Averos Sorong. Mereka adalah Kepala SMA Negeri 2 Sentani Kabupaten Jayapura Drs. Ali Yani, Kepala SMA Negeri 1 Sarmi Kabupaten Sarmi CH.L. Bless, Kepala SMA PGRI Mamberamo Kabupaten Mamberamo Raya, Supri, S.Pd. Ketiga kepala sekolah itu melakukan studi banding di SMA Averos Sorong selama tiga hari (18-20 September). Mereka tiba di Sorong hari Kamis (18/9) menggunakan Express Air, dan kembali dari Sorong ke Jayapura kemarin (21/9) juga menggunakan Express Air.

Mereka ke SMA Averos untuk melihat langsung metode penyelenggaraan pendidikan yang diterapkan di SMA Averos. Karena SMA Averos telah mengirimkan sejumlah siswanya ikut lomba olimpiade sains, dan bisa meraih juara di tingkat nasional dan ada juga yang dikirim bertanding ke luar negeri.

 Tiga kepala sekolah itu setelah di SMA Averos selain mengetahui metode pembelajaran atau pendidikan yang diterapkan, juga mendapatkan Teknologi Grabing Satelit, atau internet gratis untuk menggali informasi-informasi pendidikan atau data-data dari dunia maya.

 “Saya lihat yang diterapkan di sini sangat pas, dimana sekarang anak-anak di Papua dirangsang dengan pola asrama sehingga belajarnya terkontrol. Di sini per kelas hanya 16 siswa, sehingga penguasannya tercapai. Kalau kita kan 40-an anak per kelas, susah mengontrolnya, harusnya kita juga menerapkan seperti ini. Materi pelajaran sama yaitu kurikulum yang berlaku di sekolah-sekolah, hanya saja ada jam tambahan. Standarnya 38 jam wajib perminggu, di sini 42 jam wajib perminggu, selain itu masih ada les, dan siswa belajar sendiri, ini sungguh luar biasa. Niat kami akan menerapkan system ini di sekolah kami. Rencananya kami juga akan kirim 2-3 siswa kami ke sini, tapi kami akan koordinasi dulu dengan Pemda. Kami sudah membuktikan di sini sehingga kami tidak ragu-ragu lagi,”ujar Drs. Ali Yani yang dibenarkan CH.L. Bless kepada Radar Sorong di SMA Averos kemarin (21/9).

 Dikatakan bahwa apa yang mereka dapat ini akan coba dipraktekkan di sekolah masing-masing, rencananya nanti mereka akan kembali lagi ke SMA Averos untuk membawa guru-guru MIPA untuk melihat yang ada ini supaya ada perubahan kinerja dan peningkatan hasil.

 Sementara itu, Kepala SMA Averos Drs. Imam Wahyudi mengaku sangat berbahagia dengan kehadiran 3 kepala sekolah itu. “Sebenarnya kita tidak jauh beda, kita hanya sharing, apa yang kita punya dan apa yang mereka punya. Kami di sini sudah terapkan pengambilan data tanpa biaya atau internet gratis, mereka sangat tertarik karena alat ini tidak membatasi seseorang untuk mendownload data, dimana saja bisa dilakukan tanpa saluran telepon sehingga kita tidak ketinggalan informasi. Kami bangga dan tidak menyangka, dari sekolah yang jauh datang ke sini, semoga apa yang didapat di sini bisa bermanfaat bagi sekolah mereka ke depan,”ungkapnya kepada Radar Sorong kemarin.(akh)

Sumber : Radar Sorong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Blogroll

goresan pena. Diberdayakan oleh Blogger.

About