Jumat, 03 Mei 2013

10 Kiat Menjadi Pendengar yang Baik (bagian 1)

Unknown | Jumat, Mei 03, 2013 |
Hai blogger....

Perkenankan saya untuk sedikit berbagi kepada kalian semua tentang cara menjadi pendengar yang baik. Mungkin bagi sebagian orang ada yang bertanya untuk apa kita mempelajari hal tersebut? jawaban saya simple coba kamu cari aja di google manfaat menjadi pendengar yang baik. hehe. Karena jika saya bahas disini itu tidak efektif. Alasan lain silakan cari lagi di google hehe.

Ok sekarang kita mulai.

  1.  Pusatkan perhatian Anda pada orang yang sedang berbicara dan dengarkan apa yang ia katakan. Jika Anda kurang paham dengan apa yang ia katakan, cukup dengan sesekali mengangguk. Karena hal itu akan membuat lawan bicara Anda tahu, kalau Anda tidak bego. hehe. (kalem)
  2. Pandanglah mata lawan Anda dengan wajar. Jangan terlalu berlebihan, karena itu menggelikan. cukup lihat lensa matanya dengan tenang dan santai. Tapi jika lawan bicara mu adalah lawan jenis dan dia adalah orang yang kamu taksir, coba deh tatap matanya dengan agak serius, dan lihatlah apa yang akan terjadi. hehe
  3. Berikan respon yang bersahabat. Artinya berikan respon yang sesuai dengan yang ia harapkan. Kalau dia sedang berbicara tentang gebetannya dan kamu juga suka sama dia, maka jangan tunjukan rasa cemburu mu di depan dia, toh dia juga gak nganggap hehe. 
  4. Berikanlah kesempatan lawan bicara Anda untuk menyelesaikan apa yang ingin diutarakannya. Jangan  memotong atau menimpali pembicaraannya karena itu tidak sopan. hehe. Apalagi kalau sama orang tua, bisa-bisa topik pembicaraan malah berganti. Jadi topik nasehat-menasehati. hehe
  5. Jangan tunjukkan ketidaktertarikan Anda pada topik yang sedang dibincangkan secara frontal. Cukup dengan mengalihkan perhatian Anda perlahan-lahan. Misalnya Anda sedang berbincang dengan teman Anda dan Anda merasa tidak nyaman dengan pembicaraan tersebut, coba deh cari alasan untuk menghindarinya, misalnya dengan berpura-pura terima sms dan kemudian pergi meninggalkannya (tapi pamit loh ya?)hehe.

Sekian dulu deh kiat-kiatnya,,, nanti dilanjutkan lagi....
entah kapan dan dimana hehe.
Salam Blogger! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Blogroll

goresan pena. Diberdayakan oleh Blogger.

About